Deretan Jurusan Dengan "Kelas Internasional" Di Telkom University

 Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread lagi nih gansist. Bahasan ane kali ini mungkin akan agak spesifik karena berpusat pada suatu instansi. Topik yang akan ane bahas hari ini masih seputar Perguruan Tinggi alias Kampus. Dan ane akan membahas kampus ane sendiri yaitu Telkom University. Yap, karena ane sebentar lagi mau memulai perkuliahan ane di Telkom University jadi ane sering nyoba ngulik ngulik tentang kampus ini dan mendapat inspirasi buat membahas TelU di thread.

Direktori Telkom University 2018 by ppmtelkomuniversity - issuu

Terdapat 20 Jurusan dari 6 Fakultas pada program sarjana di Telkom University. Dan dari 20 jurusan tersebut, terdapat 9 jurusan yang memiliki dua "versi" jurusan, alias 9 jurusan ini memiliki "Kelas Internasional". Nah, apa bedanya Kelas Internasional sama Reguler, selain biayanya yang lebih mahal? Terdapat beberapa fasilitas yang berbeda mulai dari bahasa pengantarnya yaitu Bahasa Inggris, tersedia program semester pendek, dual degree, student exchange, hingga international certificate. So, ini gan Deretan Jurusan Dengan "Kelas Internasional" Di Telkom University.

1. Teknik Informatika

Teknologi Informasi | PRODI BARU TELKOM UNIVERSITY - YouTube

Di urutan pertama ada jurusan yang mungkin sering disebut sebagai ikon nya TelU / juga jurusan di TelU yang paling terkenal. Yap, Teknik Informatika. Beserta Teknik Telekomunikasi, Informatika menjadi ikon dari TelU. Jurusan ini tergabung di dalam Fakultas Teknik Informatika / School Of Computing bersama beberapa jurusan lain seperti Teknologi Informasi dan Rekayasa Perangkat Lunak. Baik Teknik Informatika Reguler maupun Informatika Internasional sudah sama sama memiliki akreditasi A. Untuk biaya, jika menempuh jalur reguler, biaya masuk awal nya berkisar di angka 76 Juta dan biaya kuliah per-semester nya sebesar 18 Juta

2. MBTI (Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika)

School of Economics and Business – Telkom University – Laman 3 ...

Berikutnya, ada jurusan yang mungkin bisa disebut sebagai jurusan terfavorit di "Era Baru" TelU. Yap, jurusan yang belum se-tua Informatika / Telekomunikasi di TelU. Yap, jurusan ini adalah MBTI atau yang umumnya dikenal sebagai manajemen bisnis. MBTI ini merupakan jurusan yang disebut sebut memiliki prospek yang sangat luas karena menerapkan berbagai kemajuan teknologi dalam menjalankan bisnis dan ekonomi. Dan jurusan ini juga memiliki kelas internasionalnya. MBTI tergabung ke dalam Fakultas Ekonomi & Bisnis / School Of Economics and Buisness bersama jurusan lain seperti Akuntansi dan MBTI reguler. Sedikit lebih mahal dari Informatika Kelas Internasioal, biaya masuk awal MBTI kelas Internasional ini / International ICT buisness ini berkisar di angka 78 Juta dengan biaya kuliah per-semesternya sebesar 20 Juta

3. Sistem Informasi

Industrial Engineering Telkom Univesity – Page 2 – Create a better ...

Selanjutnya, ada jurusan yang juga disebut sebut memiliki prospek yang sangat luas di dunia digital ini, dan juga jurusan "teknologi" yang tak begitu kentara dengan hitung hitungan serta banyak diterapkan langsung ke ilmu bisnis. Yap, Sistem Informasi. Alias jurusan ane sendiri hehe. Berbeda dengan kampus kampus lain yang menempatkan Sistem Informasi di FASILKOM (Fakultas Ilmu Komputer), Sistem Informasi di TelU berada dibawah Fakultas Rekayasa Industri / School Of Industrial Engineering. Soal akreditasi juga sudah A. Soal biaya, sama persis dengan Informatika Internasional yaitu 76 Juta untuk biaya masuk awal dan 18 Juta untuk biaya persemester.

4. Teknik Industri

Mengenal Lebih Dekat Prodi Sistem Informasi Telkom University ...

Di urutan empat ada jurusan yang juga satu fakultas dengan jurusan ane dan juga salah satu jurusan teknik paling terkenal. Yap, Teknik Industri. Jurusan teknik yang kata orang orang cakupan pembelajarannya lebih luas daripada jurusan teknik lainnya. Teknik Industri juga menjadi salah satu jurusan paling terkenal di TelU dan sudah menghasilkan 2 Nama besar di dua sektor yang berbeda yaitu Aiman Witjaksono dan VP Gojek yaitu Ario Adimas. Nah, untuk kelas Internasionalnya, Teknik Industri juga sudah terakreditasi A dan juga menjadi satu satunya jurusan dengan kelas internasional yang memiliki fasilitas Dual Degree. Soal biaya, sama persis dengan Sistem Informasi yaitu 76 Juta untuk biaya masuk awal dan 18 Juta untuk biaya persemester.

5. Design Komunikasi Visual (DKV)

Mengenal Lebih Dekat Jurusan S1 Desain Komunikasi Visual ...

Dan terakhir, kita beralih ke fakultas yang paling unik dan berbeda di Telkom University yaitu Fakultas Industri Kreatif / School Of Creative Industries dengan jurusan utama nya yaitu Design Komunikasi Visual / DKV. DKV terkenal sebagai jurusan yang memerlukan banyak tools mahal seperti kamera hingga laptop spek tinggi, tugas yang berat, dan lain lain. Namun prospek DKV pun bisa dikatakan bagus karena saat ini dunia hiburan online sudah menjadi sarana hiburan utama orang orang, dan lulusan DKV yang dibutuhkan untuk memproduksi itu. Kalau untuk jurusan regulernya, sama seperti MBTI, DKV menjadi jurusan dengan biaya per-semester termahal di TelU. Untuk akreditasi sudah A. Dan untuk biaya juga sama dengan 3 fakultas diatas  yaitu 76 Juta untuk biaya masuk awal dan 18 Juta untuk biaya persemester.

Selain itu ada 4 Jurusan lain yang juga menyediakan kelas Internasional di Telkom University yaitu Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Administrasi Bisnis, dan Ilmu Komunikasi

Sumber :

https://smb.telkomuniversity.ac.id/biaya-pendidikan-2/biaya-pendidikan-reguler/

https://smb.telkomuniversity.ac.id/kelas-internasional/

Comments