Ini Gan 4 Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia 2020 Versi Webometrics

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane akan membahas tentang Universitas di Indonesia gan. Yap, udah agak lama keknya ane engga nulis tentang ini. Dan akhirnya, setelah Webometrics merilis peringkat universitas di Indonesia versi terbaru, ane menemukan hal yang cukup unik dan akan ane bahas disini. Yap, ane enggak membahas universitas negeri yang tersohor di negeri ini. Melainkan tentang universitas swasta !

10 Universitas Terbaik di Indonesia 2020 Versi Webometrics Halaman ...

Semakin kesini, posisi universitas swasta di Indonesia mulai berubah. Semakin lama jarak kualitas antara PTS dan PTN mulai menipis. Karena kini makin banyak PTS yang naik secara ranking, nama besar, dan prospek. Kini menurut ane perbedaan PTN dan PTS (Kelas Atas) hanya di kemampuan finansial para calon mahasiswa nya. Dan di tahun 2020, mulai banyak PTS yang masuk rank 30 besar hingga ada yang 5 besar. So ini gan 4 Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia 2020 Versi Webometrics.

1. Telkom University

teluAerial - Telkom University International Office

Di urutan pertama, kita mulai dari PTS yang dari ke tahun selalu menjadi PTS terbaik di Indonesia. Berdasarkan berbagai "rank" mulai dari QS University, Webometrics, 41CU, hingga Kemenristekdikti. Telkom University ! PTS ini terletak di Bandung Selatan, daerah Dayeuhkolot. Telkom University sebenarnya sudah ada sejak tahun 1990 dengan nama STT Telkom. Namun baru bersatu dalam satu kawasan dan berdiri dengan nama Telkom University pada tahun 2013. Telkom University yang dulu hanya dikenal dengan prodi IT nya kini mulai banyak melebarkan sayap dan memiliki jurusan lain mulai dari DKV, Manajemen Bisnis, hingga Ilmu Komunikasi. Kebanyakan jurusan di Telkom University juga sudah memiliki akreditasi A dan juga beberapa diantaranya ada yang sudah berstandar Internasional. Kini, sangat mengejutkan. Telkom University menjadi Perguruan Tinggi terbaik ke 5 di Indonesia versi Webometrics dan menjadi PTS terbaik di Indonesia. Bahkan mengalahkan UGM, UNPAD, UNAIR, UNDIP, UPI, UNSOED, IPB dari segi rank. Dan yap, ane adalah salah satu mahasiswa dari School Of Industrial Engineering - Telkom University. (Selama masih menunggu pengumuman Universitas Indonesia)

2. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

ICOSA | International Conference on Sustainable Agriculture

Selanjutnya, ada PTS yang nama nya juga sudah besar dan terpercaya. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau yang sering disingkat UMY. UMY adalah PTS yang terletak di daerah Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Lebih tua dari Telkom University, UMY sudah didirikan sejak tahun 1981. Untuk lingkup jurusan juga UMY bisa dibilang lebih lengkap dai TelU atau mungkin bisa disebut sebagai salah satu PTS terlengkap di Indonesia. Berbagai jurusan yang ada di PTN juga ada di sini seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, Hubungan Internasional, hingga Teknik Sipil. Bersama Universitas Muhammadiyah Surakarta, UMY menjadi salah satu PTS terbaik di wilayah Jateng - DIY. Kini, UMY berada di peringkat ke 11 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics.

3. BINUS University

Info Terbaru Rincian Biaya Kuliah S3 di Binus (Universitas Bina ...

Ketiga, ada salah satu PTS paling terkenal dan paling besar nama nya di Indonesia. Dan juga terkenal memiliki begitu banyak alumni terkenal. Yap, almamater dari mimin kita semua alias BINUS. Bina Nusantara / Binus adalah PTS yang berpusat di daerah Jakarta Barat, namun juga memiliki kampus di Bandung. BINUS juga sudah berdiri sejak lama, sama seperti UMY yaitu tahun 1981. Bisa dibilang Binus memiliki image yang mirip TelU alias identik dengan jurusan per komputeran dan juga informatika. Namun, kini cakupan Binus sudah semakin luas karena memiliki berbagai jurusan humaniora seperti Hukum, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Manajemen Bisnis, hingga DKV. Kini, BINUS berada di peringkat ke 14 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics.

4. Universitas Narotama

Biaya Kuliah Magister Kenotariatan Universitas Narotama (Unnar ...

Dan terakhir, kita beralih ke Jawa Timur. Ada salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang mungkin buat ane sebagai anak Jabodetabek agak kurang familiar. Yap, Universitas Narotama atau yang sering disingkat UNNAR. UNNAR adalah PTS yang terletak di Surabaya dan didirikan sejak 1981 juga. Di UNNAR, terdapat beberapa fakultas, yakni Fakultas Ekonomi & Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas  Sipil, Fakultas Ilmu Komputer, dan Fakultas Ilmu Pendidikan. Kini, UNNAR berada di peringkat ke 18 Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics.

Sumber :

https://www.webometrics.info/en/asia/indonesia%20

https://www.suara.com/news/2020/08/02/162654/perguruan-tinggi-swasta-terbaik-di-indonesia-2020-versi-webometrics?page=all

Comments