4 Jurusan Dengan Nilai Rerata UTBK Tertinggi Di Univeritas Indonesia (SBMPTN 2020)

 Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread. Kali ini ane kembali membahas seputar dunia kampus, tepatnya proses masuknya yang baru saja dialami oleh segenap angkatan ane alias angkatan 2020. Di Thread ini ane akan membahas tentang hal yang juga baru ane lewati dan juga tentang kampus yang menolak ane nih gan hehe. Yap, Universitas Indonesia.

Jangan Ngaku Kuliah di UI Kalau Kamu Gak Tahu 29 Hal Ini!

Beberapa data seputar SBMPTN 2020 sudah beredar secara resmi. Dan dari sana terpampang berbagai statistik. Dan yang akan ane bahas hari ini ialah jurusan dengan rerata nilai tertinggi di SBMPTN 2020 khusunya untuk UI. Bisa dibilang, jurusan yang akan ane bahas disini ialah jurusan dengan standar tertinggi atau tersusah untuk ditembus di Universitas Indonesia, berdasarkan data skor UTBK 2020. Maka dari itu, mari ane mulai.

1. Pendidikan Dokter / Kedokteran

Iluni

Yap, udah bukan hal yang baru lagi kalau jurusan yang satu ini dari tahun ke tahun dan zaman ke zaman menjadi jurusan dengan rerata nilai tes masuk tertinggi di seluruh Indonesia. Yap, pendidikan dokter atau yang akan ane sebut Kedokteran. Seperti tahun sebelumnya, Kedokteran menjadi jurusan / fakultas dengan rerata nilai UTBK tertinggi di UI. Nah, bedanya tahun lalu Kedokteran UI menjadi prodi dengan passing grade tertinggi di Indonesia. Namun tahun ini tahtanya terambil oleh Kedokteran UGM dan Kedokteran UI kini menempati posisi ke 3. Nilai rerata UTBK 2020 siswa yang diterima di FK UI adalah 640,13

2. Aktuaria

Sejarah FMIPA UI - FMIPA UI

Berikutnya, ada jurusan yang dari ane masuk SMA hingga lulus saat ini sering disebut sebagai jurusan yang terus naik daun dan berprospek tinggi. Dan yap, hasilnya jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang paling susah ditembus. Aktuaria. Aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Aktuaria UI tergabung dalam FMIPA UI dengan makara biru hitam nya. Dan jurusan ini menjadi jurusan dengan rerata nilai UTBK 2020 tertinggi ke empat di Indonesia dengan nilai 638,66

3. Teknik Industri

Fakultas Teknik Universitas Indonesia

Selanjutnya, jurusan yang juga bisa disebut sebagai salah satu jurusan terfavorit di rumpun saintek dan juga jurusan yang paling berprospek luas di dunia teknik. Yap, Teknik Industri. Kehadiran Teknik Industri di shortlist nilai UTBK tertinggi agak mengejutkan untuk ane pasalnya tahun lalu spot ini diisi oleh Ilmu Komputer. Dan Teknik Industri di UI juga secara nilai minimum atau rata rata ada dibawah FTI ITB. Namun tahun ini TI UI secara nilai rerata UTBK mengalahkan FTI ITB dengan angka 637,23.

4. Hubungan Internasional

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | Universitas Indonesia

Dan terakhir, ada salah satu jurusan terfavorit di rumpun soshum dan juga jurusan impian ane. Hubungan Internasional. Hubungan Internasional UI termasuk kedalam FISIP. Jurusan ini identik dengan para diplomat dan kedutaan. Bisa dibilang, hampir di semua kampus HI menjadi jurusan soshum terfavorit bersama Manajemen dan Hukum. Dan bisa dibilang UI menjadi kampus dengan HI terbaik. Gak mengagetkan juga kalau jurusan ini masuk kedalam list ini. Karena dari tahun ke tahun juga HI UI menjadi jurusan dengan passing grade tertinggi di UI dalam rumpun soshum. Nilai rerata HI UI di UTBK 2020 adalah 630.

Sumber :

https://rencanamu.id/post/dunia-sekolah/persiapan-kuliah/pengumuman-sbmptn-2020-persaingan-nilai-utbk-ketat-167-ribu-peserta-lolos-seleksi

Comments