Berbagai Alasan Mengapa Universitas Brawijaya Menjadi PTN Paling Diminati Di Indonesia

 Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread. Kali ini ane akan membahas tentang universitas lagi nih gan. Kalai di thread thread sebelumnya ane sudah membahas tentang UI dan ITB alias 2 Kampus yang sering disebut sebagai kampus terbaik di Indonesia & juga yang paling susah untuk ditembus, sekarang ane akan membahas tentang kampus terfavorit di Indonesia berdasarkan peminatnya. Universitas Brawijaya

Jurusan di UB dan Akreditasinya (Universitas Brawijaya) 2020/2021

Universitas Brawijaya adalah Perguruan Tinggi Negeri yang terletak di kota Malang, Jawa Timur. Nah, sudah bertahun tahun gelar kampus dengan peminat terbanyak dipegang oleh Universitas Padjajaran. Namun dalam dua tahun terakhir terutama tahun lalu, Universitas Brawijaya berhasil merebut posisi itu sebagai PTN dengan pendaftar terbanyak di Indonesia dan tahun ini menempati posisi ke dua dengan angka pendaftar sebanyak 61.743 orang setelah UGM. Nah, maka dari itu ane akan membahas Berbagai Alasan Mengapa Universitas Brawijaya Menjadi PTN Paling Diminati Di Indonesia !

1. Terletak Di Kota Malang + Biaya Hidup Terjangkau

Kayu Tangan “Ibukota Heritage” Kota Malang - MalangVoice

Pertama, soal lokasi dan biaya hidup. Dua faktor ini menjadi salah satu faktor penentu terbesar buat para calon mahasiswa terutama perantu yang hendak memilih kampus. Suasana kota yang nyaman serta biaya hidup yang affordable menjadi prioritas utama. Dan, Universitas Brawijaya menjadi pilihan yang paling diminati. Terletak di salah satu kota favorit ane di Indonesia yaitu Malang yang terkenal asri, sejuk, dan ga urban urban banget seperti Surabaya dan Jakarta. Dan juga dibandingkan dengan UNPAD yang terletak di daerah yang "enggak berasa Bandung" karena cuaca nya beda dan terletak di pinggiran Bandung juga. Dilansir dari channel republika mahasiswa, rata rata biaya hidup seorang mahasiswa di Malang ada di angka 700k - 1.5 JT perbulan.

2. Daya Tampung Yang Sangat Besar

Imbas Covid-19, Universitas Brawijaya Siapkan PK2MU Online | LPM Perspektif

Selanjutnya, soal daya tampung. Jumlah daya tampung suatu PTN mempengaruhi keketatan persaingan penerimaan maba nya. Contohnya seperti UI UGM ITB yang daya tampungnya enggak sampai 10.000 bahkan mungkin dibawah 5.000. Maka dari itu, Universitas Brawijaya yang secara total memiliki daya tampung 14.310 mahasiswa menjadi universitas yang diminati oleh banyak calon mahasiswa. Oh iya angka 14.130 itu adalah gabungan dari kuota 3 jalur masuk UB yaitu SNM, SBM, dan SM.

3. Peringkat Kampus Yang Semakin Meningkat

Universitas Brawijaya tiga terbaik Indonesia versi Webometrics 2020

Berikutnya, soal ranking kampus. Ada banyak web yang bisa kita akses untuk melihat ranking suatu kampus. Mungkin yang ini engga bisa dijadikan acuan pasti. Namun, banyak orang yang meminati suatu PTN karena rank nya juga. Bisa dibilang, secara rank UB ini naik daun terus. Sebagai contoh, versi Webometrics UB menjadi kampus terbaik ke di Indonesia. Lalu versi 41CU, UB menempati posisi ke 6. Dan versi kemendikbud UB berada di posisi 10. Yap, bukan hanya berhasil merebut posisi UNPAD sebagai PTN terfavorit secara peminat, UB juga berhasil melangkahi UNPAD di berbagai rank PTN.

4. Pilihan Prodi Yang Beragam dan Lengkap

FT dan FK UB, Paling Diminati di SBMPTN | TIMES Indonesia

Dan terakhir, pilihan prodi. Kalau dibandingkan dengan beberapa PTN di Indonesia terutama UI UNPAD ITB IPB ITS, pilihan prodi di UB jauh lebih beragam. Mungkin UGM juga menjadi salah satu yang terlengkap bersama UB. Dari rumpun saintek hingga soshum, Brawijaya memiliki beragam jurusan. Mulai dari Kedokteran, Farmasi, Teknologi Informasi, hingga Peternakan dan Agroekoteknologi di rumpun saintek. Dan juga Hukum, Psikologi, Politik, hingga pariwisata di Soshum.

Sumber :

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/21/123917771/25-prodi-brawijaya-paling-diminati-di-sbmptn-dan-daya-tampungnya?page=all

https://suryamalang.tribunnews.com/2020/02/27/daya-tampung-universitas-brawijaya-malang-tahun-2020-turun-kuota-snmptn-ub-hanya-4300-mahasiswa#:~:text=%22Kuota%20untuk%20jalur%20SNMPTN%20sebanyak,UB%20sebanyak%2014.600%20an%20mahasiswa. 

https://www.youtube.com/watch?v=smJ_NzNOuUY

Comments