Deretan Fakultas / Sekolah "Tertinggi" Di ITB (Based On PG UTBK 2019)

 Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread gansist. Kali ini ane akan membahas salah satu perguruan tertinggi negeri di Indonesia. Yap, tentang kampus ane sendiri yaitu ITB. Karena baru jadi maba ITB jadi lagi banyak aja hal yang ingin ane bahas tentang kampus ini. Di thread ini ane akan membahas tentang beberapa Fakultas yang ada di kampus ini. Nah, berbeda dengan kampus lain yang langsung bisa kita pilih jurusannya saat mendaftar, di ITB kami wajib memilih fakultas terlebih dahulu karena penjurusan baru bakal kita dapat di semester 3.

ITB Dinobatkan Sebagai Kampus Terbaik di Indonesia – Citra Indonesia

Sudah tiga tahun berturut turut, ITB menjadi PTN dengan nilai rata rata UTBK tertinggi milik para pemilih kampus ini, mengalahkan UI dan UGM terutama di rumpun Saintek. Artinya, bisa dibilang ITB adalah PTN yang paling sulit untuk ditembus kalau dilihat dari skor UTBK minimal / passing grade. Nah, di thread ini ane akan membahas fakultas fakultas "tertinggi" atau "yang paling susah ditembus" di ITB, berdasarkan passing grade UTBK 2019, karena data skor UTBK 2020 belum keluar dan juga biasanya tahun ke tahun fakultas yang masuk list ini itu itu aja. Okey, mari ane mulai.

1. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)

Mengenal STEI ITB | Official Website Mitra Pelajar

Di urutan pertama, ada fakultas / sekolah yang sering disebut sebagai fakultas terfavorit dan paling diincar di ITB, bahkan di seluruh Indonesia. Sekolah Teknik Elektro dan Informatika atau yang bisa disebut STEI. STEI ini memiliki 6 jurusan yang semuanya bisa dibilang menjadi jurusan yang berprospek luas dan mengikuti perkembangan zaman serta dunia digital. Ada jurusan Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Teknik Biomedis, Teknik Tenaga Listrik, dan Sistem Teknologi Informasi. Bersama FK UI, STEI ITB menjadi fakultas yang paling susah ditembus di Indonesia. Tahun 2019, nilai UTBK minimal masuk STEI ITB adalah 684,5. Oh iya, selain itu anak anak STEI juga dikenal "jenius" soal urusan akademik. Gak heran, karena di angkatan ane ada 2 orang juara umum dari 2 SMA Negeri paling bergengsi di Indonesia yaitu SMAN 8 Jakarta dan SMAN 3 Bandung yang masuk STEI ITB ini juga.

2. Fakultas Teknologi Industri (FTI)

Institut Teknologi Bandung, West Java - Indonesia | Indonesia, Fotografi,  Gambar

Selanjutnya, ada fakultas yang sering disebut orang orang sebagai fakultas paling ambis di ITB. Yap, fakultas ane sendiri yaitu Fakultas Teknologi Industri yang juga bisa disebut FTI. FTI sendiri memiliki 6 jurusan juga seperti Teknik Industri, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Pangan, dan Teknik Bioenergi. Jurusan jurusan di FTI ini juga terkenal memiliki cakupan ilmu yang luas, terutama Teknik Industri sehingga secara prospek juga luas dan bisa ditempatkan dimana saja. Berdasarkan UTBK 2019, passing grade FTI ITB ini adalah 680,99. Nah, kata orang orang FTI ini adalah fakultas paling ambis atau yang isinya orang orang yang rajin banget soal akademik. Agak mirip dengan STEI, namun STEI lebih terkenal sisi jenius dan imba nya (belajar ga gitu sering tapi nilai bagus terus).

3. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD)

Fun Fact : FTMD ITB ! ~ Sandbox

Berikutnya, ada fakultas tempat salah satu tokoh bersejarah kita belajar, Alm Eyang BJ Habibie. Fakultas ini ialah Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara atau yang bisa disebut FTMD. FTMD memiliki jurusan yang tak sebanyak dua fakultas diatas. Ada Teknik Mesin, Teknik Penerbangan (Aeronotika) dan Teknik Material. Banyak yang nyebut kalau FTMD adalah fakultas paling laki di ITB. Yap, soalnya ITB dikenal (Sterotype) kalau mahasiswa nya kebanyakan nerd dan studyfreak. Untuk passing grade, ane kira posisi ke 3 ini bakal diisi oleh FTSL, namun FTMD yang menempatinya dengan passing grade UTBK 2019 sebesar 676.94.

4. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)

FTSL ITB Buka Dua Prodi Baru di Tahun 2013 - Institut Teknologi Bandung

Dan terakhir, fakultas di ITB yang bisa dibilang sangat populer di kalangan anak sekolahan ane karena peminatnya yang banyak serta prospeknya yang bagus. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan atau yang sering disebut FTSL. FTSL ini memiliki 5 jurusan yaitu Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Teknik Sumberdaya Air, dan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan. Kalau tentang fakultas ini, ane enggak begitu tahu karakteristik mahasiswanya. Namun banyak yang bilang kalau anak anak FTSL itu yang paling asik anak anaknya. Untuk passing grade, ada diangka 665,04

Sumber :

https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/21/14081221/ingin-masuk-itb-ini-kisaran-nilai-passing-grade-utbk-lolos-sbmptn?page=all

Comments