Deretan Prodi Dengan Rerata Skor UTBK Tertinggi Di UGM (SBMPTN 2020)

 

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread nih. Kali ini ane akan menulis tentang PTN yang menjadi Universitas dengan peminat terbanyak di Indonesia pada tahun 2020 ini. Yap, Universitas Gajah Mada atau yang umumnya disebut UGM. Salah satu dari tiga PTN yang sering disebut sebagai Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia bersama UI dan UGM. Dan tahun ini, bisa dibilang UGM adalah yang terfavorit dari segi peminat.

Yogyakarta Hadapi Corona: Tunda Sejumlah Acara dan Lakukan Kuliah Online –  BANTUL SIAGA COVID-19

Sebuah hal yang jarang terjadi dimana PTN Top 3 di Indonesia memiliki peminat terbanyak. Biasanya 3 kampus ini tidak masuk 10 besar PTN dengan peminat terbanyak. Namun tahun ini UI dan UGM masuk top 10 kampus dengan peminat terbanyak. Bahkan UGM menjadi yang nomor satu melewati Brawijaya. Bukan hanya itu, beberapa prodi di UGM menjadi prodi dengan rerata nilai UTBK tertinggi. Maka dari itu, ini gan Deretan Prodi Dengan Rerata Skor UTBK Tertinggi Di UGM (SBMPTN 2020).

1. Kedokteran

FK UGM Dorong Publikasi Internasional Dosen | Universitas Gadjah Mada

Di urutan pertama ada prodi yang dari zaman ke zaman selalu menjadi prodi dengan nilai masuk tertinggi dan tentu yang tersulit juga. Namun kejutannya, UGM yang menjadi pemuncaknya tahun ini. Yap, Kedokteran UGM menjadi prodi dengan rerata skor UTBK tertinggi di Indonesia, mengalahkan Kedokteran UI yang biasanya selalu menjadi prodi dengan nilai UTBK tertinggi. Tahun ini, rerata skor UTBK para siswa yang diterima FK UGM jalur SBMPTN ada di angka 642,5.

2. Aktuaria

Fakultas MIPA – Universitas Gadjah Mada

Berikutnya, ada jurusan yang dari ane masuk SMA hingga lulus saat ini sering disebut sebagai jurusan yang terus naik daun dan berprospek tinggi. Dan yap, hasilnya jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang paling susah ditembus. Aktuaria. Aktuaria merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Sama seperti Kedokteran, Aktuaria UGM juga berhasil masuk menjadi prodi dengan rerata nilai tertinggi ke dua mengalahkan aktuaria UI dengan angka 641,9. Tipis banget bedanya dengan FK.

3. Statistika

ANAVA#11 “Feel the Beat of Statistics and Find the Sensation” – Himasta  FMIPA UGM

Selanjutnya, ada lagi prodi dari ranah MIPA yang juga terkenal dengan prospeknya yang lagi bagus. Yap, Statistika. Salah satu jurusan yang mathematic related banget. Biasanya statistika menjadi prodi terfavorit kedua di UGM. Namun saat ini posisinya di ambil oleh Aktuaria. Dan Statistika juga berada di dala satu fakultas yang sama dengan Aktuaria serta Elektronika yaitu FMIPA UGM. Statistika UGM berada di posisi ke 8 dengan rerata skor UTBK sebesar 635,56.

4. Hubungan Internasional

Kupas Tuntas FISIPOL UGM

Dan terakhir, salah satu jurusan SOSHUM terbaik yang dimiliki UGM. Dan juga biasanya menjadi jurusan SOSHUM terbaik di hampir setiap Universitas Negeri di Indonesia. Yap, Hubungan Internasional. HI terkenal sebagai jurusan yang berhubungan dengan dunia diplomasi antar negara dan kedutaan. HI UGM tergabung dalam FISIP bersama Ilmu Pemerintahan dan Komunikasi. Skor rerata UTBK HI UGM ada sedikit dibawah HI UI yaitu di angka 630.

Sumber :

https://edukasi.kompas.com/read/2020/08/17/084200571/10-prodi-saintek-dan-soshum-dengan-nilai-utbk-tertinggi-di-sbmptn-2020?page=all


Comments