Mengenal Kampus ITB - Jatinangor & Fakultas Yang Ada Didalamya

Hai agan agan, balik lagi dengan ane PCJAMES. Hari ini ane kembali menulis thread lagi nih gansist. Topik yang akan ane bahas di thread kali ini adalah tentang kampus, tepatnya kampus ane gan hehe. Yap, ITB. Mungkin sudah semua orang tahu tentang kampus ini. Salah satu dari tiga perguruan tinggi terbaik di Indonesia yang terletak di kota Bandung. Selain itu, perguruan tinggi ini juga banyak menelurkan alumni alumni hebat sepanjang sejarah Indonesia. Mulai dari Ir Soekarno, BJ Habibie, Joko Anwar, hingga Ridwan Kamil.

Namun, di thread ini ane akan membahas tentang hal soal ITB yang mungkin banyak belum diketahui orang, terutama yang diluar Bandung. Jadi, ITB sendiri memiliki 3 gedung kampus di 3 lokasi yang berbeda untuk program sarjana. Pertama ada Kampus Ganseha yang juga merupakan kampus utama, lalu ada kampus Jatinangor yang terletak di antara Sumedang dan Bandung, serta kampus Cirebon. Kali ini yang akan ane bahas adalah kampus Jatinangor. Karena kampus ini menjadi tempat belajar bagi jurusan yang tidak ada di Kampus Ganesha.

Ruangan Kuliah - Direktorat Kampus ITB Jatinangor

Jadi, kampus Jatingangor adalah salah satu gedung kampus ITB yang terletak di daerah Kabupaten Sumedang. Tepatnya dekat dengan perbatasan Bandung - Sumedang. Jatinangor juga menjadi salah satu tempat yang dihuni banyak kampus negeri di Bandung seperti IPDN, UNPAD, dan ITB. Dan juga PTS yaitu Ikopin. Jika kampus Ganesa terkenal dengan bangunan nuansa Belanda dan udara dingin sejuk khas Bandung, kampus Jatinangor bisa dibilang berbeda agak drastis. Kampus Jatinangor memiliki bangunan yang modern, lingkungan yang agak tenang, tapi dengan udara yang agak panas. Yap, udara dan cuaca di Jatinangor itu panas. Berbeda dengan Bandung pada umumnya. Kampus Jatinangor ini tadinya dimiliki oleh PTS bernama UNWIM. Namun akhirnya kini dipakai menjadi gedung kampus ITB. Sekarang ane akan membahas fakultas dan jurusan yang ada didalamnya. Oh iya, maba yang memilih fakultas di ITB Jatinangor ini akan melaksanakan perkuliahan tahun pertama di ITB Ganesha dulu, baru dipindahkan saat penjurusan dan tingkat dua di ITB Jatinangor.

1. Fakultas Teknologi Industri (FTI) - 2 Jurusan

Direktorat Kampus ITB Jatinangor - Kampus ITB Jatinangor

Di urutan pertama, ada fakultas yang sebagian besar jurusannya terletak di Kampus Ganesha. Fakultas ini juga terkenal sebagai fakultas dengan passing grade tertinggi kedua di ITB secara passing grade dibawah STEI (Elektro - Informatika). Yap, FTI alias Fakultas Teknologi Industri. Fakultas ini memiliki 6 jurusan yang diantaranya adalah Teknik Industri, Manajemen Rekayasa, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Pangan, dan Teknik Bioenergi. Nah, dua jurusan yang ada di ITB Jatinangor ialah Teknik Pangan dan Teknik Bioenergi, berpisah dengan 4 Fakultas Lain. 

2. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) - 2 Jurusan

PROGRAM STUDI S1 TEKNIK SUMBER DAYA AIR di ITB Kampus Jatinangor - Fakultas  Teknik Sipil dan Lingkungan

Berikutnya, juga ada salah satu fakultas terfavorit di ITB dan juga fakultas yang mayoritas jurusannya ada di ITB Ganesha. Ada juga Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan atau yang sering disebut sebagai FTSL. Fakultas ini memiliki 5 jurusan yang diantaranya adalah Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Perkapalan, Rekayasa Infrastruktur Lingkungan, dan Teknik Sumber Daya Air. Nah, 2 jurusan dari FTSL ini yaitu Rekayasa Infrastruktur Lingkungan dan Teknik Sumber daya Air terletak di Kampus Jatinangor.

3. Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH - R)

ITB « BR on Campus

Dan terakhir ada fakultas / sekolah yang bisa dibilang paling Biologi related di ITB. Nama dari fakultas ini adalah Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati atau yang bisa disebut SITH. Di ITB, SITH ini ada dua jenis yaitu SITH - S (Sains) dan SITH - R (Rekayasa). SITH S memiliki dua jurusan yaitu Biologi dan Mikrobiologi. Nah, kampus SITH S ini terletak di Kampus Ganesha. Sementara SITH R yang memiliki jurusan Rekayasa Hayati, Rekayasa Pertanian, dan Rekayasa Perhutanan terletak di Kampus ITB Jatinangor, beserta dua fakultas diatas.

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Institut_Teknologi_Bandung#Kampus

https://www.itb.ac.id/kampus-jatinangor

Comments